أشهر المصنفات في علم المصطلح
KITAB-KITAB YANG MASYHUR
Oleh: Jajang
Hidayatullah
(1)
المحدث الفاصل
بين الراوي والواعي
Al-Muhaddits
al-Fashilu Baina ar-Rawi wa al-Wa’i
Kitab ini ditulis oleh Abu Muhammad al-Hasan bin
‘Abdurrahman bin Khallaad ar-Ramahurmuzy rahimahullah yang wafat tahun
360 H. Akan tetapi dalam kitabnya ini beliau tidak membahas seluruh
materi-materi dalam ilmu musthalah hadits. Dan hal ni adalah keadaan/kondisi
orang-orang yang memulai (mengawali) tulisan dalam kebanyakan bidang ilmu.
(2)
معرفة علوم
الحديث
Ma’rifatu ‘Ulumil Hadits
Kitab ini ditulis oleh Abu ‘Abdillah Muhammad bin
‘Abdillah al-Hakim an-Naisaburi rahimahullah, yang wafat pada tahun 405
H. Akan tetapi beliau tidak menyusunnya dengan rapi pembahasan-pembahasannya
dan tidak menertibkannya (mengurutkanya) dengan urutan yang cocok dengan bidang
ilmu ini.
(3)
المستخرج على
معرفة علوم الحديث
Al-Mustakhraj
‘Ala Ma’rifati ‘Ulumil Hadits
Kitab ini ditulis oleh Abu Nu’aim Ahmad bin ‘Abdillah
al-Ashbahani rahimahullah, yang wafat pada tahun 430 H. Beliau
mengoreksi dan menambahkan apa yang terlewat di kitab Ma’rifatu ‘Ulumil Hadits
(yang tidak dibahas oleh al-Hakim), berupa kaidah-kaidah dalam bidang ilmu ini.
Akan tetapi ia juga meninggalkan banyak hal yang memungkinkan bagi para kritikus
untuk mengkritisi dan memasukkan tambahan ke dalam kitabnya ini.
(4)
الكفاية في علم
الرواية
Al-Kifaayah fii
‘Ilmi ar-Riwaayah
Kitab ini ditulis oleh Abu Bakr Ahmad bin ‘Ali bin
Tsabit yang dikenal dengan sebutan al-Khathiib al-Baghdadi rahimahullah,
yang wafat pada tahun 463 H. ia adalah kitab yang penuh dengan pemecahan masalah-masalah
dalam bidang ilmu ini dan penuh juga dengan kaidah-kaidah dalam peerowayatan
hadits. Ia termasuk salah satu kitab rujukan yang paling besar dalam bidang
ilmu ini.
(5)
الجامع لأخلاق
الراوي وآداب السامع
Al-Jaami’ li
Ahlaaqi ar-Raawi wa Adaabu as-Saami’
Kitab ini juga ditulis oleh al-Khathiib al-Baghdadi rahimahullah.
Ia adalah kitab yang membahas tentang adab-adab periwayatan hadits, sebagaimana
hal itu jelas bisa diketahui dari penamaan judulnya. Ia adalah satu-satunya
kitab yang ditulis dalam bab ini, sangat berbobot dalam pembahasan-pembahsan
dan kandungan isinya. Dan sedikit sekali bidang dalam bidang-bidang ilmu
hadits, kecuali al-Khathiib menulisnya secara tersendiri/terpisah. Maka seperti
yang dikatakan oleh al-Hafizh Abu Bakr bin Nuqthah:”Setiap orang yang
objektif mengetahui bahwa para ahli hadits setelah al-Khathiib merasa butuh
terhadap kitab-kitabnya.”
(6)
الإلماع إلى
معرفة أصول الرواية وتقييد السماع
Al-Ilma’ Ilaa
Ma’rifati Ushuli ar-Riwayah wa Taqyiid as-Samaa’
Kitab ini ditulis oleh al-Qadhi ‘Iyadh bin Musa
al-Yahshubi rahimahullah, yang wafat pada tahun 544 H. Ia adalah kitab
yang tidak mencakup seluruh pembahasan-pembahasan dalam ilmu musthalah hadits.
Akan tetapi ia terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan tata cara at-Tahammul
wal Adaa’ (tata cara memperoleh hadits dan menyampaikan/meriwayatkannya),
dan apa-apa yang berkaitan dengan masalah itu. Akan tetapi ia adalah kita yang
bagus pada babnya, bagus dalam penyusunan dan pengurutannya.
(7)
مالا يسع المحدث
جهله
Maa Laa Yasa’
al-Muhadditsa Jahluhu
Kitab ini ditulis oleh Abu Hafsh ‘Umar bin ‘Abdul
Majid al-Mayaniji rahimahullah, yang wafat pada tahun 570 H. Ia adalah
kitab kecil yang tidak begitu besar faidahnya.
(8)
علوم الحديث
’Ulumul Hadits
Kitab ini ditulis oleh Abu ‘Amr ‘Utsman bin
‘Abdirrahman asy-Syahrazuury, yang dikenal dengan Ibnu Shalah rahimahullah,
yang wafat pada tahun 643 H. Kitabnya ini dikenal dikalangan manusia dengan
sebutan “Muqaddimah Ibnu Shalah”, ia adalah salah satu kitab yang paling bagus
dalam ilmu musthalah hadits. Penulisnya mengumpulkan dalam kitabnya tersebut
hal-hal yang berserakan dalam dalam kitab-kitab yang lain, seperti yang ada
dalam kitab al-Khathiib dan orang-orang yang mendahuluinya. Maka ia adalah
kitab yang dipenuhi banyak faidah-faidah, namun ia tidak menyusunnya dengan
susunan yang cocok, karena ia mengejanya sedikit demi sedikit. Namun sekalipun
demikian ia adalah landasan bagi setiap ulama yang datang setelahnya. Maka
betapa banyak mukhtashar (ringkasan) dan nazham (kitab dalam
bentuk sya’ir) terhadap ini. Dan betapa banyak pengkritisi dan pembela terhadap
kitab ini.
(9)
التقريب والتيسير
لمعرفة سنن البشير النذير
At-Taqriib wa
at-Taisir li Ma’rifati Sunani al-Basyir an-Nazhir
Kitab ini ditulis oleh Muhyidin Yahya bin Syaraf
an-Nawawi rahimahullah, yang wafat pada tahun 676 H. Dan kitabnya ini
adalah ringkasan dari kitab ”Ulumul Hadits” karya Ibnu Shalah, dan ia
adalah kitab yang bagus, akan tetapi terkadanga kalimatnya sudah dipahami.
(10)
نظم الدرر في علم
الأثر
Nazhmu ad-Durar
fii ‘Ilmu al-Atsar
Kitab ini ditulis oleh Zainudin ‘Abdurrahim bin
al-Husain al-‘Iraqi rahimahullah, yang wafat pada tahun 806 H. Kitab ini
dikenal dengan nama “Alfiyyah al-‘Iraqi”, dalam kitab tersebut beliau
menyusun kitab”Ulumul Hadits” karya Ibnu Shalah dalam format nazham
(mirip sya’ir), dan beliau memberikan tambahan terhadap kitab tersebut. Kitab
ini adalah kitab yang bagus, dan sarat dengan faidah. Banyak kitab-kitab yang
mensyarah (memberikan penjelasan) terhadap kitab ini. Di antaranya adalah dua
kitab syarah yang ditulis oleh penulis sendiri (al-‘Iraqi)
(11)
نخبة الفكر في
مصطلح أهل الأثر
Nukhbatul Fikar
fii Musthalah Ahli Atsar
Kitab ini ditulis oleh al-Hafizh Ibnu Hajar
al-‘Asqalani rahimahullah, yang wafat pada tahun 852 H. Kitab ini adalah
satu juz yang sangat ringkas, akan tetapi termasuk salah satu kitab ringkas
yang paling bermanfaat dan yang paling bagus susunannya. Dalam kitab tersebut
penulisnya melakukan inovasi baru dalam pengurutan dan pembagian dalam ilmua
tersebut, yang belum pernah dilakuan oleh orang sebelumnya. Penulisnya telah
menulis syarah (penjelasan) terhadap kitabnya ini dengan judul ”Nuzhatun
Nazhar”. Sebagaimana para ulama yang lain juga mensyarahnya.
(12)
فتح المغيث في
شرح ألفية الحديث
Fathul Mughits
fii Syarh Alfiyyah al-Hadits
Kitab ini ditulis oleh ‘Abdurrahman as-Sakhawi rahimahullah,
yang wafat pada tahun 902 H. Kitab ini adalah syarh (penjelasan) dari “Alfiyyah
al-‘Iraqi”. Dan ia adalah kitab syarah yang paling memadai dan paling
bagus.
(13)
تدريب الراوي في
شرح تقريب النواوي
Tadriibu
ar-Rawi fii Syarh Taqriib an-Nawawi
Kitab ini ditulis oleh Jalaluddin ‘Abdurrahman bin Abi
Bakr as-Suyuthi rahimahullah, yang wafat pada tahun 911 H. Ia adalah
syarh dari kitab ”Taqriib an-Nawawi”, sebagaimana hal itu jelas bisa
kita ketahui dari namanya. Dalam kitab tersebut penulisnya mengumpulkan
faidah-faidah yang sangat banyak.
(14)
المنظومة
البيقونية
Al-Manzummah
al-Baiquniyyah
Kitab ini ditulis oleh ‘Umar bin Muhammad al-Baiquni rahimahullah,
yang wafat pada tahun 1080 H. Dan ia adalah kitab manzhumah/nazham yang
ringkas, karena tidak lebih dari 430 bait. Dan ia terhitung sebagai kitab
ringkas yang terkenal dan bermanfaat, dan ia banyak disyarah oleh para ulama.
(15)
قواعد التحديث
Qawaa’idu
at-Tahdits
Kitab ini ditulis oleh Muhammad bin Jamaluddin al-Qasimi rahimahullah, yang wafat pada tahun 1322 H. Ia adalah kitab yang bermanfaat.
Dan masih banyak lagi kitab-kitab lain dalam ilmu
musthalah hadits, yang akan sangat panjang jika disebutkan semuanya. Kami
mencukupkan diri dengan menyebutkan yang masyhur saja. Semoga Allah Subhanahu
wa Ta'ala memberikan balasan yang baik kepada kita dan kepada seluruh kaum
Muslimin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar